Sabtu, 13 Juni 2015

Latar Belakang UCC 2015

Kementerian pertahanan RI menjelaskan bahwa pemuda adalah pelopor pembaruan dan penggerak pembangunan bangsa. Generasi muda sebagai pewaris, penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sebagai sumber insani bagi pembangunan nasional, ibarat rantai yang tergerai panjang, posisi generasi muda dalam masyarakat menempati mata rantai yang paling sentral dalam artian bahwa, pemuda berperan sebagai pelestari nilai budaya, kejuangan, pelopor dan perintis pembaruan melalui karsa, karya dan dedikasi. Selain itu pemuda juga mempunyai peran dalam menggerakkan pembangunan sekaligus menjadi pelaku aktif dalam proses pembangunan nasional serta berperan dalam memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Pemberdayaan pemuda akhir-akhir ini mulai diperhatikan oleh pemerintah mengingat kondisi Indonesia masih jauh dari kata baik. Pemerintah mulai memfokuskan dalam berbagai hal diantaran peningkatan sektor pertanian, sektor perekonomian, sektor kesehatan, inovasi pengolahan pangan, hingga upaya meningkatkan pangan lokal untuk menunjang ketahanan pangan Indonesia sehingga mampu bersaing secara global dalam meningkatkan kualitas daya saing bangsa. Peningkatkan daya saing bangsa memerlukan adanya agent of change atau agen perubahan. Hal ini dikarenakan dengan adanya agen perubahan maka diharapkan mampu memberika ide-ide kreatif demi terwujudnya hal tersebut. Secara fitrah, masa muda merupakan jenjang kahidupan manusia yang paling optimal. Dengan kematangan jasmani, perasaan dan akalnya, sangat wajar jika pemuda-mahasiswa memiliki potensi yang besar dibandingkan dengan kelompok masyarakat lainya. Kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan banyak dimiliki pemuda mahasiswa.
Dalam upaya mendukung program pemerintah yaitu Pembangunan Jangka Panjang Nasional serta pemerataan pembangunan melalui pendekatan komunitas (community development), maka UKM PELITA Universitas Jember sebagai bagian dari lembaga penalaran dan penelitian, memegang peranan penting dalam mengasah ide-ide kreatif dari berbagai pemuda di Indonesia. Salah satu upaya perwujudannya adalah dengan mengadakan kegiatan UNEJ Creative Competition (UCC) 2015. Kegiatan ini berskala nasional yang terdiri dari serangkaian acara lomba yaitu Lomba LKTI Nasional, Lomba Poster Nasional, dan Seminar Nasional. Melalui Kegiatan ini diharapkan mahasiswa Indonesia dapat menyalurkan berbagai ide yang inovatif dan kreatif untuk Indonesia yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar